gosip artis terkini adi sucipto kumpulan berita nasional terbaru berita sepak bola

Digital Marketing Pendorong Umkm Naik Kelas

Selasa, 27 November 2018 bertempat di Auditorium Politeknik Sawunggalih Aji Kutoarjo-Purworejo diadakan seminar UMKM. Dalam seminar tersebut selaku pembicara adalah Boy Novalino Young Entrepreneur dari Yogyakarta.

Seminar dihadiri oleh tidak kurang dari 70 (tujuh puluh) pelaku UMK di Wilayah Purworejo dan mengangkat tema “Digital Marketing Pendorong Umkm Naik Kelas”. Seminar kali ini terwujud berkat kerjasama dengan KPP Pratama Kabupaten Purworejo.

Dalam pemaparannya Boy mengemukakan Setiap pengusaha pasti mendambakan bisnis yang ia rintis bisa berkembang menjadi besar. Tak terkecuali mereka yang bergerak di sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Namun, merintis usaha hingga tumbuh dan berkembang besar tentu bukan perkara mudah. Agar usaha kecil bisa berkembang sesuai keinginan, tentu membutuhkan strategi jitu dan kiat-kiat khusus. Dalam mengembangkan usaha, banyak juga aspek penting yang perlu diperhatikan agar usaha bisa terus berkembang. Termasuk hal-hal yang kesannya kecil dan sepele, tapi krusial.

Persoalannya, banyak pelaku usaha yang sering mengabaikan hal-hal kecil tersebut. Padahal, jika diberi perhatian serius, justru sangat membantu dalam perkembangan usaha. Contohnya persoalan yang menyangkut tampilan kemasan produk.

Tidak semua pelaku bisnis menyadari bahwa kemasan produk memberikan pengaruh besar terhadap penjualan. Selama ini, banyak pelaku usaha hanya fokus menciptakan suatu produk, namun tidak memperhatikan kemasan. Kemasan yang sering digunakan hanyalah kemasan plastik biasa yang tidak berbeda dengan kebanyakan pelaku bisnis lain.

Dalam hal ini perlunya aspek strategi digital marketing didalam pengembangan usaha.