KSR PMI Unit POLSA mengadakan latihan rutin kesiagaan bencana

Sabtu, 11 April 2015 KSR PMI Unit POLSA mengadakan latihan rutin yang di selenggarakan 2 kali dalam sebulan atau lebih tepatnya latihan rutin ini di selenggarakan 1 kali dalam 2 minggu.

Tujuan dari latihan rutin ini adalah untuk melatih anggota KSR agar lebih tanggap dan peduli lagi pada lingkungan sekitar termasuk jika ada bencana maupun musibah yang terjadi.

Dalam latihan rutin sendiri ada beberapa materi yang dibahas, dan setiap latihan rutin materi yang dibahas berbeda-beda. Kali ini materi yang di sampaikan oleh pihak PMI adalah KBBM (Kesiap siagaan Bencana Berbasis Masyarakat). KBBM adalah program berbasis masyarakat yang mendorong pemberdayaan kapasitas masyarakat untuk menyiagakan diri dalam mencegah serta mengurangi dampak dan resiko bencana yang kemungkinan dapat terjadi di lingkungannya.

Karena bencana dapat terjadi kapan saja dan dimana saja, KBBM juga dapat diterapkan di lingkungan Kampus, dengan adanya pelatihan dan diberdayakan dengan pengetahuan dan ketrampilan yang memadai, sehingga warga kampus mampu melakukan upaya-upaya penanganan dampak bencana dan pengurangan resiko yang terjadi.

Peserta yang mengikuti latihan rutin kali ini sebanyak 18 orang, peserta tampak sangat antusias mengikuti jalannya pelatihan ini. Untuk pematerinya adalah dari pihak PMI yang sengaja di undang, beliau adalah Pak Yuli, beliau merupakan pembina PMI khususnya bidang diklat KSR yang sudah senior.

…tidak terlepas dari kenyataan bahwa bencana alam adalah bagian dari takdir Illahi, sehingga seringkali tidak bisa dicegah. Namun, manusia memiliki kekuatan akal dan pengetahuan yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha ESA yang semestinya bisa dimaksimalkan untuk meminimalisir bahaya dari bencana (Disaster).

adminpolsa!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

POLSA KERJA SAMA DENGAN OMAN QATAR

Fri Apr 24 , 2015
Sabtu, 11 April 2015 KSR PMI Unit POLSA mengadakan latihan rutin yang di selenggarakan 2 kali dalam sebulan atau lebih tepatnya latihan rutin ini di selenggarakan 1 kali dalam 2 minggu. Tujuan dari latihan rutin ini adalah untuk melatih anggota KSR agar lebih tanggap dan peduli lagi pada lingkungan sekitar […]

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.