gosip artis terkini adi sucipto kumpulan berita nasional terbaru berita sepak bola

MoU dan kerjasama dengan SMAN 8 Purworejo

Mou dengan no :001/SPK-LPM/PD-X2006 SMA N 8 Purworejo adalah tentang perangkat lunak pengelolaan perpustakaan sekolah dengan fitur sebagai mana berikut:

1. Layanan Pustaka
Layanan dimaksud yaitu absensi kunjungan anggota, fasilitas pencarian buku secara cepat sesuai katalog (katalog digital)

2. Peminjaman
Fasilitas pelayanan peminjaman buku, majalah dan koran. Pelanggan yang meminjam lebih dari ketentuan akan terdeteksi otomatis, bahkan bagi pelanggan yang sudah pinjam buku tapi be lum dikembalikan dan ingin pinjam lagi juga akan terdeteksi.

3. Pengembalian
Buku yang dipinjam di scan barcode akan muncul informasi, bahwa peminjam tepat waktu atau terlambat mengembalikan buku. Jika terlambat, maka peminjam terkena denda sesuai dengan ketentuan, misal denda uang. Setelah pembayaran denda dilakukan data pembayaran denda masuk dikomputer dicatat sebagai pemasukan pendapatan perpustakaan. Data denda dapat dilihat dan diprint kapan saja (harian, mingguan, bulanan atau tahunan)

4. Buku Rusak/Hilang
Apabila buku rusak atau hilang, maka sistem akan menyampaikan informasi tentang hal ini, sehingga calon peminjam mengetahui dengan cepat

5. Cetak Kartu Anggota
Kartu yang digunakan untuk anggota yang paling utama adalah barcode karena dengan barvode ini semua informasi tentang pelanggan : nama, kelas, status peminjaman dan foto sudah terdapat di dalamnya. Apabila diperlukan sebagaimana lazimnya kartu anggota perpustakaan manual juga bisa dilakukan.

6. Cetak Barcode Buku
Setiap buku yang ada di perpustakaan diberi barcode sesuai dengan klasifikasi buku dan jumlah/eksemplar, karena hanya dengan barcode buku akan dideteksi status keberadaannya (dipinjam atau masih berada di perpustakaan)

7. Cetak Label DDC
Decimal Dewey Clasification (DDC) adalah standart international pengklasifikasian buku yang biasanya buku ditempeli dengan label DDC ini untuk mempermudah dalam pengelompokannya. Program ini juga mempunyai fasilitas untuk mecentak lebel tersebut secara otomatis

8. Cetak Katalog Buku
Adalah fasilitas untuk mencetak katalog ber dasarkan menurut 3 macam, yaitu subyek, judul, dan pengarang

9. Back Up Data
Data yang terlalu banyak akan memperlambat kinerja suatu program, maka dalam periode tertentu misalnya perbulan atau pertahun data-data lama bisa di backup.

10. Ambil Back Up
Data yang pernah di backup dapat diambil kembali sesuai periode backup misalnya utnuk mencetak laporan periode sebelumnya.

11. Tutup Back Up
Dalam proses ambil backup data terse but hanya bersifat sementara jadi setelah keperluan cukup harus ditutup kembali.

12. Setting User dan Password
Setiap user dapat mengganti nama dan passwordnya sendiri di sini.

13. Setting Printer
Untuk keprluan cetak : barcode, kartu anggota dan progress report pelayanan perpustakaan, disediakan fasilitas setting printer sesuai dengan printer yang dimiliki oleh lembaga.