gosip artis terkini adi sucipto kumpulan berita nasional terbaru berita sepak bola

Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) UKM KSR PMI Polsa Tahun 2018

Pendidikan dan Pelatihan Dasar (DIKLATSAR) merupakan suatu rangkaian kegiatan yang harus ditempuh oleh setiap individu yang mempunyai jiwa sosial tinggi dan ingin berkecimpung serta mengabdi dalam dunia ke-Palang Merah-an. Dalam kegiatan tersebut mereka akan dididik dan dilatih sedemikian rupa sehingga setelah mereka lulus dari DIKLATSAR mereka akan menjadi generasi relawan PMI yang siap terjun di masyarakat serta berbakti kepada bangsa dan negara.

DIKLATSAR merupakan syarat utama untuk dapat menjadi anggota Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR-PMI). Di dalamnya terdapat kurikulum yang harus ditempuh oleh masing-masing individu, baik yang dilaksanakan dalam satu rangkaian kegiatan maupun secara bertahap. Tidak hanya sekedar teori-teori yang diajarkan kepada mereka, tetapi mereka harus mempraktikkan teori yang sudah mereka dapat dalam suatu kegiatan diantaranya :

  1. Kepalangerahan
  2. Manajemen bencana
  3. PP dasar
  4. PP assesment
  5. Pendarahan dan syok
  6. Pendaruratan medis
  7. Simulasi dan evakuasi

Dalam kegiatan tersebut keadaan diatur sedemikian rupa yang dapat merepresentasikan situasi dan kondisi pada saat terjadinya bencana. Di situ para calon relawan akan mempraktikkan teori-teori yang mereka dapat sehingga mereka benar-benar memahami apa yang sudah mereka pelajari dan diharapkan mereka mampu mengaplikasikan ilmu yang telah mereka dapat dalam kehidupan sehari-hari.

DIKLATSAR tahun 2018 beralangsug selama dua hari sejak Jumat, 16 Februari 2018 sampai dengan Sabtu, 17 Februari 2018 di Kampus Polsa Kutoarjo. Pada kesempatan acara pembukaan sambutan dan pengarahan diberikan oleh Bapak Supriono, S.E., M.Si, Ak. Selaku Wakil Direktur Polsa.