tips hidup sehat solusi jerawat

Profil AK

Program Studi Akuntansi

Terakreditasi B

(Akreditasi No. 1040/SK/SK/BAN-PT/Akred/Dip1-III/IV/2017)

 

Era global membuka kesempatan bagi tenaga profesional bidang akuntansi untuk menempati posisi strategis dalam dunia usaha dan dunia industri, sehingga SDM yang berkompeten dan profesional dalam bidang akuntansi sangat dibutuhkan baik oleh Instansi Pemerintah maupun Swasta.

Untuk itu Prodi Akuntansi mempersiapkan SDM yang profesional dalam bidang akuntansi melalui Diploma III Akuntansi yang mana jenjang tersebut dipersiapkan guna memenuhi tuntutan dunia kerja yang makin kompleks dalam era globalisasi.

 

Visi Prodi Akuntansi

Menjadi perguruan tinggi vokasi di bidang akuntansi yang professional dan berorientasi pada manajemen modern dan teknologi terapan,  pada tahun 2025

 

Misi Prodi Akuntansi

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang professional dibidang Akuntansi yang berorientasi pada industri lokal dan nasional serta memiliki wawasan global.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan bidang akuntansi serta penerapannya pada masyarakat.
  3. Menyelanggarakan pengabdian dan menjalin kerjasama dengan masyarakat, institusi dan lembaga lain dalam memanfaatkan ilmu pengetauan dibidang akuntansi.
  4. Senantiasa mengutamakan aspek mutu pada pengelolaan Program Studi melalui perbaikan dan evaluasi yang berkesinambungan

Tujuan Prodi Akuntansi

  1. Mahasiswa dididik dan dilatih untuk menjadi tenaga professional yang berkompeten di bidang akuntansi serta mampu menganalisis, dan memecahkan permasalahan pelaporan keuangan sesuai dengan prosedur dan Standar Akuntansi Keuangan (SAK).
  2. Meningkatkan kompetensi dan profesionalisme dosen dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi melalui penelitian terapan dan pengabdian pada masyarakat dibidang akuntansi dalam rangka mewujudkan kinerja dosen yang efektif sesuai dengan pengembangan sumber daya manusia bidang akuntansi.
  3. Memberikan kontribusi bagi masyarakat melalui program pengabdian kepada masyarakat bidang akuntansi serta meningkatkan kerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri secara berkelanjutan.
  4. Meningkatkan komunikasi antar sivitas akademika secara intensif dalam rangka meningkatkan  mutu Program Studi Akuntansi

 Sasaran Prodi Akuntansi

  1. Meningkatnya kualitas lulusan Prodi akuntansi yang professional di bidang akuntansi dengan aplikasi software dan sertifikat kompetensi.
  2. Meningkatnya mutu hasil penelitian terapan, jumlah dan mutu penelitian di bidang akuntansi
  3. Meningkatnya program pendampingan kepada UKM, pemerintah desa, kecamatan dan kabupaten serta kerjasama dengan dunia usaha dan industri.
  4. Adanya program evaluasi rutin setiap empat bulan dalam rangka peningkatan mutu Program Studi Akuntansi

 

Keunggulan lulusan

Lulusan program studi ini akan memperoleh ijazah kelulusan dengan gelar Ahli Madya (A.Md) bidang Akuntansi dan sertifikat kompetensi yang berlaku nasional dan mengacu pada Kepmenakertrans No. 43/Men/III/2008 tetang SKKNI yatitu :

  1. Sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) atau Lembaga Setifikasi Profesi Teknisi Akuntansi (LSP-TA) sebagai teknisi akuntansi pratama
  2. Sertifikat komputer dari microsoft
  3. Sertifikat toefl

Mata Kuliah Kompetensi Unggulan

  1. Praktikum Akuntansi dengan aplikasi software
  2. Praktikum Perpajakan dengan aplikasi software
  3. Praktikum Anggaran Perusahaan dengan aplikasi software
  4. Praktikum Statistik dengan aplikasi SPSS
  5. Praktikum Intermediate Accounting
  6. Praktikum Komputer Akuntansi
  7. Praktikum Database Management System
  8. Praktikum Auditing
  9. Praktikum Perancangan Sistem Informasi
  10. Sistem informasi akuntansi

Fasilitas

Perpustakaan, buku-buku praktikum, laboratorium akuntansi manual, laboratorium komputer akuntansi, HMJ, bea siswa, dan sarana olah raga.

Kompetensi Lulusan

  1. Menyusun laporan keuangan dan laporan perpajakan
  2. Membuat sistem akuntansi
  3. Mengelola anggaran dan peramalan
  4. Menyediakan informasi akuntansi keuangan dan kinerja bisnis
  5. Membantu melaksanakan fungsi internal atau eksternal audit

Lapangan Pekerjaan

Beberapa peluang posisi pekerjaan yang dapat diisi oleh lulusan D III Akuntansi meliputi tenga profesioal yaitu :

  1. Staf akuntansi
  2. Staf finance
  3. Staf pajak
  4. Junior auditor
  5. Junior programer sistem akuntansi
  6. Staf adminstrasi keuangan
  7. Staf analis sistem informasi akuntansi
  8. Verifikator keuangan, dll

X-BENNER-AK upload