IKUTI UJIAN LEVELLING, 12 MAHASISWA LOLOS SEBAGAI RELAWAN PAJAK 2023

Setelah pada medio Januari 2023 lalu mengikuti pelatihan secara daring dan luring, mahasiswa Calon Relawan Pajak 2023 secara serentak mengikuti Ujian Levelling pada Kamis, 19 Januari 2023. Ujian yang dilaksanakan secara online melalui Google Form dan dipantau langsung oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kanwil II Jawa Tengah dengan media Zoom, dimulai pukul 09.50 dan selesai pada 14.30 WIB.

Ketua Tax Center POLSA sekaligus Kaprodi D3 Akutansi – Caecilia Rosma W., S.E., M.Si., Ak menyampaikan bahwa materi yang diujikan meliputi kesadaran pajak dengan waktu mengerjakan selama 40 menit dan dilanjutkan dengan materi code of conduct  sebanyak 30 soal yang dikerjakan dalam waktu 30 menit. Setelah materi code of conduct dilanjutkan ujian dengan materi komunikasi dimana peserta diminta mengerjakan 25 soal dengan waktu 30 menit. Sesi terakhir ujian levelling yaitu materi perpajakan yang dimulai pukul 13.30. Pada ujian sesi ini peserta mengerjakan 40 soal dalam waktu 60 menit.

“Dari POLSA, mahasiswa yang ikut Ujian Levelling sebanyak 14 mahasiswa. Peserta yang berhak mengikuti ujian ini adalah mereka yang sudah mengikuti pelatihan selama 3 hari yaitu tanggal 13 dan, 16 s/d 17 Januari 2023 lalu.” Ungkap Caecilia sembari menambahkan bahwa mahasiswa peserta pelatihan Relawan Pajak pada edisi 2023 ini berasal dari Program Diploma III Akuntansi dan Program Diploma III Administrasi Bisnis.

Sebelumnya, pada tanggal 13 Januari 2023 mahasiswa mengikuti pelatihan secara online dengan narasumber dari DJP Kanwil II yang mengusung materi mengenai KUP (Ketentuan Umum Perpajakan) dan SPT (Surat Pemberitahuan Pajak). Pelatihan dilanjutkan pada tanggal 16 – 17 Januari 2023 yang dilakukan secara luring di kampus Politeknik Sawunggalih Aji. Materi yang disampaikan yaitu komunikasi efektif, kesadaran pajak, code of conduct, dan relawan pajak dengan nara sumber Supriono, S.E., M.Si, Ak., Caecilia Rosma W. S.E., M.Si, Ak., serta Kuswadi Rustam, S.E., M.M. Melalui pelatihan ini pula mahasiswa berkesempatan untuk memperdalam ilmu berkaitan dengan perpajakan bagi calon relawan pajak sebelum mereka ditetapkan jadi relawan pajak.

Disampaikan lebih lanjut bahwa dari 14 peserta ujian levelling, berdasarkan nilai passing grade maka DJP Kanwil II Jawa Tengah menetapkan sebanyak 12 mahasiswa lolos menjadi relawan Pajak 2023. Hasil pengumuman peserta yang lolos disampaikan oleh DJP Tax Center POLSA pada Sabtu lalu (21/01/2023). Peserta yang dinyatakan lolos akan ditempatkan di Pos Pelayanan Purworejo KPP Pratama Kebumen mulai tanggal 1 Februari – 31 Maret 2023 dengan tugas melaksanakan asistensi SPT Tahunan wajib pajak orang pribadi. (humaspolsa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *